SOLOPOS.COM - ilustrasi uang (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Alokasi dana desa tahap tiga belum jelas kapan pencairannya.

Madiunpos.com, MAGETAN – Pencairan alokasi dana desa (ADD) tahap tiga untuk Kabupaten Magetan belum terealisasi. Besaran ADD tahap tiga yang ditunggu pencairannya mencapai Rp24,873 miliar untuk 207 desa di Magetan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapermas dan Pemdes) Kabupaten Magetan, Iswahyudi Yulianto, Rabu (23/11/2016), mengatakan untuk dana desa sudah dicairkan secara keseluruhan dalam dua tahap yakni tahap satu sebesar Rp75,346 miliar dan tahap dua Rp127,243 miliar.

“Sedangkan ADD direncanakan cair dalam tiga tahap. Untuk tahap satu dan dua sudah, sedangkan tahap tiga belum,” ujar dia.

Iswahyudi menerangkan ADD tahap satu telah cair sebesar Rp32 miliar dan tahap kedua sebesar Rp41 miliar. Ia mengaku tidak mengetahui alasan belum cairnya ADD tahap tiga karena hal itu merupakan ketentuan pusat.

“Meski demikian kami yakin ADD tahap tiga akan segera cair. Sesuai informasi pada akhir November mendatang dana tersebut sudah cair,” kata dia.

Iswahyudi menambahkan selain akan segera mendapatkan pencairan ADD tahap tiga, sejumlah desa di Magetan yang ditunjuk juga akan menerima dana perimbangan PBB pada akhir November ini senilai total Rp5 miliar.

Sesuai aturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dana desa dan ADD tersebut fokus digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa dan pengembangan masyarakat desa.

Ia menambahkan, jika sudah cair nanti, diharapkan ADD tersebut dikelola dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara administratif serta teknis sesuai peraturan yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya