SOLOPOS.COM - Foto dok. Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi di Kantor setempat (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Solopos.com, JEMBER — Ada lima warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang memiliki nama unik dengan satu kata yakni Tuhan. Mereka tersebar di berbagai desa.

Anggota KPU Jember, Ahmad Hanafi, mengatakan pihaknya menemukan ada lima warga yang masuk DPT Pemilu 2024 bernama Tuhan. Jumlah pemilih bernama Tuhan ini berkurang satu dibandingkan pada Pemilu 2019.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Pemilu 2019 tercatat ada enam orang [yang bernama Tuhan], tapi satu orang bernama Tuhan itu sudah meninggal dunia. Sehingga pada Pemilu 2024 hanya ada lima,” kata dia, Selasa (4/7/2023).

Dia menuturkan lima pemilih bernama Tuhan itu berada di Desa Tutul, Kecamatan Balung; Desa Pringgowirawan dan Desa KArangbayat, Kecamatan Sumberbaru; Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang; dan Desa Kemuninglor, Kecamatan Arjasa.

“Nama Tuhan di Desa Tutul masuk sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara [TPS] 22, kemudian Tuhan di Desa Pringgowirawan di TPS 19, Tuhan di Desa Karangbayat di TPS 12, Tuhan di Kelurahan Slawu masuk TPS 12, dan pemilih Tuhan di Desa Kemuninglor terdaftar di TPS 13,” tuturnya yang dikutip dari Antara.

Hanafi mengatakan nama Tuhan tersebut bukan kali pertama masuk dalam DPT Pemilu 2019, tetapi sudah terdaftar dalam DPT pada pemilu sebelum-sebelumnya dan namanya memang seperti itu, sehingga bukan hasil rekayasa.

“Mudah-mudahan kelima Tuhan itu menyalurkan hak pilihnya di masing-masing TPS yang sudah ditentukan, sehingga angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Jember dapat meningkat,” katanya.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Jember mencapai 1.972.216 orang yang terdiri dari 997.449 pemilih perempuan dan 974.767 pemilih laki-laki yang tersebar di 248 desa dan kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 7.706 TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya