SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun Maidi didampingi istri bersama perwakilan manajemen Plaza Madiun meresmikan Kafe Pelayanan Adminduk dan kampung Ramadhan UMKM di Plaza Madiun, Jumat (1/4/2022). (Antara/HO-Diskominfo Kota Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Akan ada yang beda selama Ramadan di Kota Madiun. Pemkot Madiun bersama pihak swasta mengadakan Kampung Ramadan sepanjang bulan puasa ini. Kampung Ramadan ini menjadi wadah bagi pelaku UMKM kuliner untuk memasarkan dan mempromosikan produk mereka.

Lokasi Kampung Ramadan ini adal di Plaza Madiun. Pihak swasta yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah manajemen Plaza Madiun. Mereka yang menyediakan tempat untuk UMKM berjualan di mal yang dikelolanya secara gratis selama bulan Ramadan 1443 Hijriah .

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Saya pesan, pelaku UMKM yang serius, telaten dan jangan mudah putus asa. Pasti banyak tantangan, kegagalan pengusaha adalah awal kesuksesan,” ujar Wali Kota Maidi di Madiun, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Selama Ramadan, Jalan Diponegoro Sragen Jadi Pusat Jualan Takjil

Menurut dia, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat, khususnya UMKM. Pemerintah juga perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk dari swasta. Hal itu karena swasta juga punya andil di dalam menguatkan posisi UMKM.

Adapun, stan berjualan tersebut disediakan di area food court Plaza Madiun dengan menggunakan dana CSR sebesar Rp26,7 juta. Ada lebih dari 20 UMKM binaan Disnakerkop dan UKM Kota Madiun yang tertampung. Puluhan UMKM kuliner tersebut menjual makanan, baik kuliner tradisional hingga kekinian untuk berbuka puasa.

Selain kampung Ramadhan UMKM, Pemkot Madiun bekerja sama dengan manajemen Plaza Madiun juga membuka Kafe Pelayanan Adminduk di mal tersebut.

Maidi menjelaskan Kafe Pelayanan Adminduk merupakan layanan yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun terkait kepengurusan administrasi kependudukan di mal.

Baca Juga: Kemenag Umumkan Ramadan Mulai Minggu, Jamaah Masjid Agung Solo Kecele

“Pelayanan Dispendukcapil sudah daring, tapi kantor buka hanya sampai Jumat. Maka Plaza Madiun menawarkan tempat supaya buka pelayanan di sini untuk hari Sabtu dan Minggu,” kata Maidi.

Adapun, di Kafe Pelayanan Adminduk tersebut seluruh layanan administrasi kependudukan bisa diakses sambil berbelanja di mal. Seperti pembuatan KIA, KTP, Surat Pindah Datang, Kartu Keluarga (KK), Akta-Akta Pencatatan Sipil, dan klinik konsultasi kependudukan.

Sesuai rencana, Kafe Pelayanan Adminduk tersebut akan beroperasi di mal tersebut selama tiga bulan ke depan. Sedangkan Kampung Ramadhan UMKM berlangsung selama bulan puasa. Warga Kota Madiun yang membutuhkan, diharapkan bisa memanfaatkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya