SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (bertopi) meninjau helikopter yang digunakan untuk membangun pemadaman kebakaran Gunung Arjuno, Kamis (31/8/2023). ANTARA/HO-BPBD Jatim.

Solopos.com, PASURUAN — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Arjuno semakin meluas. Untuk memadamkan api di kawasan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggunakan water bombing atau pemadaman api dengan air secara vertikal menggunakan helikopter ke titik api.

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, mengatakan semakin meluasnya area terdampak kebakaran di area Gunung Arjuno membuat Pemprov Jatim mengambil langkah cepat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Dengan menggandeng BNPB, Pemprov Jatim melakukan water bombing sebagai upaya pemadaman api melalui udara dengan menggunakan helikopter,” katanya di area Kaliandra, Desa Dayurejo Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Kamis (31/8/2023).

Ia menyampaikan apresiasi atas respons cepat BNPB terhadap permintaan water bombing Pemprov Jatim.

Menurutnya, langkah pemadaman melalui udara ini merupakan solusi paling tepat, mengingat lokasi kebakaran hutan berada di lokasi ketinggian dan sangat jauh dari jangkauan tim gabungan pemadam karhutla Pemprov Jatim.

“Yang utama, water bombing ini nanti akan difokuskan di area Lembah Kijang yang berdekatan dengan Bumiaji Kota Batu. Seperti yang diketahui, di area Lembah Kijang dan Bumiaji itu banyak sumber airnya, sehingga butuh penanganan prioritas,” ucapnya yang dikutip dari Antara.

Emil menuturkan saat ini luas lahan yang terbakar di area Gunung Arjuno telah mencapai sekitar 700 hektare.

“Ini juga untuk melindungi ekosistem alam, termasuk hewan dan kekayaan hayati yang tersimpan di area Gunung Arjuno,” tuturnya.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan, posko darurat penanganan karhutla yang didirikan di area Kaliandra sejatinya untuk mendukung kegiatan water bombing di wilayah Gunung Arjuno.

Posko ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat koordinasi antar-instansi terkait, mulai dari BNPB, BPBD Jatim, Dinas Kehutanan Jatim, BMKG, Pemkab Pasuruan dan Pemkab Malang, serta relawan masyarakat peduli api (MPI).

“Di posko ini nanti, selain update data lokasi titik api, perkembangan area kebakaran juga akan selalu diinformasikan. Dengan begitu, tim relawan dan tim helikopter bisa terarah dalam melakukan aksi pemadam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya