SOLOPOS.COM - Kawasan wisata Air Terjun Dolo di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. (kedirikab.go.id)

Solopos.com, KEDIRI — Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah tertua di Jawa Timur. Kabupaten Kediri berbatasan dengan Tulungagung dan Nganjuk di sebelah Barat. Nganjuk dan Jombang di sebelah Utara, Jombang dan Malang di sebelah Timur, Blitar dan Tulungagung di sebelah Selatan.

Melansir dari data Kabupaten Kediri Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kediri, wilayah Kabupaten Kediri diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Kelud di sebelah Timur yang bersifat Vulkanik dan Gunung Wilis disebelah barat yang bersifat non vulkanik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sedangkan tepat di bagian tengah, melintas sungai Brantas yang membelah wilayah Kabupaten Kediri menjadi dua bagian, yaitu bagian Barat sungai Brantas merupakan lereng Gunung Wilis dan Gunung Klotok, sedangkan bagian timur merupakan Sungai Brantas.

Luas wilayah Kabupaten Kediri mencapai 1.563,42 km persegi dan terbagi menjadi 26 kecamatan. Kecamatan yang memiliki wilayah paling luas adalah Kecamatan Mojo yang mencapai 149,946 km persegi. Sedangkan kecamatan dengan luas wilayah paling sempit adalah Kecamatan Gampengrejo, yaitu hanya 19,985 km persegi.

Berikut daftar 6 kecamatan di Kabupaten Kediri yang paling luas dilansir dari buku Kabupaten Kediri Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kediri.

  1. Mojo

Kecamatan yang menyandang predikat paling luas di Kabupaten Kediri adalah Kecamatan Mojo. Kecamatan ini memiliki luas 149,946 km persegi atau sekitar 10% dari luas Kabupaten Kediri. Luas wilayah ini hampir 9 kali lipat luas Kota Mojokerto (luas Kota Mojokerto 16,46 km persegi). Memiliki jumlah penduduk sebanyak 80,51 ribu jiwa pada 2022. Sedangkan kepadatan penduduknya sebesar 537 jiwa per km persegi. Kecamatan ini memiliki potensi wisata berupa Air Terjun Irenggolo dan Air Terjun Dolo.

  1. Puncu

Setelah Kecamatan Mojo, pada urutan kedua wilayah terluas di Kediri adalah Kecamatan Puncu. Kecamayan ini memiliki luas 144,057 km persegi. Kecamatan Puncu lokasinya berada di lereng Gunung Kelud. Jumlah penduduk di kecamatan ini sebanyak 64,46 ribu jiwa pada 2022. Sedangkan kepadatan penduduknya sebanyak 565 jiwa per km persegi. Salah satu tempat wisata yang ada di sini adalah Air Terjun dan Hutan Lindung Simpenan.

  1. Plosoklaten

Di posisi ketiga yaitu Kecamatan Plosoklaten dengan luas wilayah seluas 105,179 km persegi. Kecamatan Plosoklaten memiliki jumlah penduduk sebanyak 75,35 ribu jiwa. Sedangkan kepadatan penduduknya sebanyak 716. Jiwa per km persegi pada 2022. Kecamatan ini terletak di bagian timur dari Kabupaten Kediri, sebagian wilayahnya merupakan dataran tinggi yang terletak berdekatan dengan lereng Gunung Kelud bagian utara.

  1. Ngancar

Kabupaten yang memiliki luas wilayah paling besar keempat adalah Kecamatan Ngancar, yaitu seluas 101,313 km persegi. Kabupaten Ngancar memiliki jumlah penduduk sebanyak 51,30 ribu jiwa dengan kepadatan penduduknya sebanyak 506 jiwa per km persegi pada 2022. Cukup banyak destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ngancar seperti Wisata Korea Fantasy, Taman Anggrek hingga Kampoeng Indian.

  1. Kepung

Kecamatan yang menyandang predikat terluas kelima di Kabupaten Kediri adalah Kecamatan Kepung dengan wilayah seluas 91,049 km persegi. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Kasembon di Kabupaten Malang. Jumlah penduduknya sebanyak 86,01 ribu jiwa dan kepadatan penduduknya sebanyak 945 jiwa per km persegi pada tahun 2022. Kecamatan Kepung memiliki Waduk Siman yang potensial sebagai tempat wisata.

  1. Banyakan

Sedangkan diurutan keenam kecamatan terluas adalah Kecamatan Banyakan dengan wilayah seluas 74,217 km persegi atau sekitar 5% dari luas Kabupaten Kediri. Untuk jumlah penduduk di Kecamatan Banyakan sebanyak 59,51 ribu jiwa pada tahun 2022.  Dengan kepadatan penduduknya 802 jiwa per km persegi. Salah satu objek wisata di kecamatan ini adalah Air Terjun Ngleyangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya