SOLOPOS.COM - Objek wisata Telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur. (Antaranews.com)

Solopos.com, MAGETAN — Berbagai tempat seru menjadi lokasi yang cocok untuk ngabuburit atau menunggu azan Magrib untuk berbuka puasa. Di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, ada beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit.

Berikut ini tempat ngabuburit favorit di Kabupaten Magetan:

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

  1. Alun-Alun Magetan

Lokasi ngabuburit di Magetan yang pertama adalah Alun-alun Magetan. Di kawasan Alun-alun Magetan banyak dikunjungi warga yang ingin ngabuburit saat puasa Ramadan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di alun-alun, seperti bersantai dan jalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka. Fasilitas yang ada di Alun-alun juga cukup lengkap, ada Masjid Agung yang bisa menjadi tempat salat saat Magrib tiba. Selain itu, terdapat banyak pedagang kuliner yang menjajakan takjil buka puasa. Alun-alun Magetan berlokasi di Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan.

tempat ngabuburit magetan
Alun-alun Magetan. (IG @dolanmagetan)
  1. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan ikon pariwisata Magetan yang cukup populer di Jawa Timur. Menyajikan panorama alam yang memukau dan suasananya yang sejuk khas pegunungan membuat tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk ngabuburit. Selain itu, di sekitar Telaga Sarangan terdapat pedagang kuliner yang bisa pengunjung beli sebagai menu berbuka puasa.

tempat ngabuburit magetan
Foto udara kawasan wisata Telaga Sarangan, Magetan Jatim ramai dikunjungi wisatawan, Minggu (8/5/2022). (Antara/Fikri Yusuf)

Di kawasan Telaga Sarangan terdapat kuliner legendaris yaitu satai kelinci. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini seperti jalan-jalan menikmati pemandangan, naik kuda hingga naik perahu mengelilingi telaga.

  1. Kawasan Ngariboyo

Saat ngabuburit menunggu waktu berbuka tiba, kurang rasanya apabila tak membeli takjil. Rekomendasi tempat ngabuburit selanjutnya adalah Kawasan Ngariboyo. Di sini terdapat banyak pedagang kuliner yang menjual takjil untuk berbuka puasa. Saat sore menjelang berbuka, Kawasan ini dipadati oleh pedagang dan pembeli takjil. Pengunjung bisa jalan-jalan sore sekaligus berburu kuliner takjil. Kuliner yang tersedia seperti aneka jajanan, aneka gorengan, aneka es dan masih banyak lagi.

  1. Kampung Madinah

Dilansir dai kominfo.magetan.go.id, di Magetan terdapat perkampungan unik yang dinamakan Kampung Madinah yang lokasinya berada di Desa Temboro, Kecamatan Karas. Pada sore hari saat menjelang berbuka puasa di Jalan Madinah yang merupakan jalan utama di Desa Temboro terdapat tempat berburu takjil. Banyak pengunjung yang berburu takjil berasal dari Pondok Temboro. Takjil yang dijual pun cukup beragam jenisnya. Mulai dari kurma, minuman buah, jus, makanan dan masih banyak lagi.

covid madiun ponpes al fatah temboro, santri rapid test, kasus covid-19 malaysia impor dari indonesia, santri madiun positif, jawa timur
Gapura Masuk Desa Temboro, Magetan, Jawa Timur. (Google Maps)
  1. Jalan Tembus Cemoro Sewu-Sarangan

Dilansir dari berbagai sumber, Kawasan Jalan Tembus Cemoro Sewu-Sarangan merupakan jalan penghubung antara Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berlokasi di lereng Gunung Lawu. Di Kawasan ini menyajikan pemandangan alam yang memesona dan udara yang sejuk. Panorama hijau pepohonan di sekelilingnya sangat memanjakan mata. Di sekitar Kawasan ini juga terdapat pedagang kuliner dan warung makan yang bisa menjadi lokasi tujuan berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya