SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, PROBOLINGGO — Bagi masyarakat Indonesia, petai menjadi salah satu sayuran favorit yang biasanya digunakan untuk lalapan maupun campuran sayur. Petai memiliki cita rasa dan bau yang sangat khas.

Petai ini biasanya diolah dalam berbagai menu makanan. Bisa dimakan langsung tanpa dimasak, bisa digoreng, maupun dicampur dengan sayuran lain.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mengutip dari eprints.undip.ac.id, petai adalah jenis tumbuhan tropis dari suku polong-polongan (Fabaceae) yang tumbuh banyak di Indonesia bagian barat. Bagian dari tumbuhan petai yang sering dikonsumsi adalah bagian bijinya.

Salah satu provinsi yang menghasilkan petai paling banyak di Indonesia adalah Jawa Timur. Mengutip dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Timur pada tahun 2022 menghasilkan sebanyak 924.993 kuintal petai. Berikut adalah daerah di Jawa Timur yang memproduksi petai terbanyak.

  1. Kabupaten Probolinggo

Daerah penghasil petai paling banyak di Jawa Timur adalah Kabupaten Probolinggo. Dari catatan BPS pada tahun 2022, Probolinggo dapat menghasilkan petai mencapai angka 263.976 kuintal. Jumlah tersebut telah melonjak cukup tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 40.445 kuintal. Daerah yang menyumbangkan jumlah petai terbesar di Kabupaten Probolinggo adalah Kecamatan Krucil.

  1. Kabupaten Malang

Daerah penghasil petai terbesar kedua di Jawa Timur adalah Kabupaten Malang. Pada tahun 2022, Kabupaten Malang mampu menghasilkan petai mencapai angka 155.086 kuintal. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 111.119 kuintal.

  1. KabupatenPonorogo

Menurut catatan BPS, Kabupaten Ponorogo menduduki peringkat ketiga sebagai penghasil petai terbanyak di Jawa Timur. Pada tahun 2022, daerah yang populer dengan julukan Kota Reog ini menghasilkan petai sebesar 104.557 kuintal. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 118.071 kuintal. Selain itu, Kabupaten Ponorogo pada tahun sebelumnya menempati posisi pertama.

  1. Kabupaten Kediri

Kemudian daerah keempat sebagai penghasil petai terbesar di Jawa Timur adalah Kabupaten Kediri. Kabupaten Kediri pada tahun 2022 mampu menghasilkan petai sebesar 75.813 kuintal. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang jumlahnya hanya 62.536 kuintal.

  1. Kabupaten Pasuruan

Sedangkan di posisi kelima daerah penghasil petai terbesar di Jawa Timur setelah Kabupaten Kediri adalah Kabupaten Pasuruan. Menurut catatan BPS pada tahun 2022, Kabupaten Pasuruan dapat memproduksi petai mencapai 50.566 kuintal. Namun jumlah tersebut mengalami penurunan cukup tinggi dari tahun sebelumnya yang jumlahnya mencapai angka 72.557 kuintal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya