SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Antara)

Solopos.com, MADIUN — Tiga jembatan tua di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, bakal direvitalisasi pada pertengahan tahun ini. Anggaran yang disediakan untuk revitalisasi tiga jembatan tersebut mencapai Rp5,69 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun, Gunawi, mengatakan tiga jembatan yang akan diperbaiki yaitu satu jembatan yang ada di Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, dan dua jembatan di Desa Balerejo, Kecamatan Balerejo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ketiga jembatan itu sudah berusia tua dan tidak layak secara teknis,” kata Gunawi, Kamis (13/7/2023) yang dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan kebutuhan anggaran untuk Jembatan Candimulyo senilai Rp3 miliar. Sedangkan dua jembatan di Balerejo masing-masing Rp1,32 miliar dan Rp1,34 miliar.

Sementara itu, pekerjaan revitalisasi tersebut nantinya meliputi pembuatan struktur, pengerasan badan, hingga pemasangan pelengkap jembatan. Adapun, penggantian disesuaikan dengan standar bangunan jembatan saat ini.

Tahapan proyek revitalisasi jembatan tersebut, lanjut dia, saat ini masih dalam proses tender dan diperkirakan pekerjaan konstruksi mulai dilakukan akhir Juli ini.

Selain tiga jembatan tua, terdapat satu jembatan lagi di Kabupaten Madiun yang butuh segera perbaikan, yakni bangunan Jembatan Klumutan di Desa Klumutan, Kecamatan Saradan. Struktur jembatan itu ambrol akibat tergerus air saat banjir sehingga perlu diganti total.

Namun, lanjut dia, pekerjaan jembatan di Desa Klumutan tersebut bukan kewenangan murni DPUPR karena masih dalam pengajuan BNPB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya