SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (Reuters)

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 21,2 juta orang akan melakukan perjalanan mudik ke Jawa Timur pada Lebaran tahun 2023. Diperkirakan puncak arus mudik Lebaran terjadi pada Jumat (21/4/2023).

“Diprediksi sebanyak 21,2 juta pemudik akan melakukan perjalanan ke Jawa Timur,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono, Senin (3/4/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia menjelaskan untuk puncak arus mudik ke Jatim diprediksi terjadi pada 21 April 2023. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada 25 April 2023.

Dishub berencana membuka posko angkutan Lebaran. Posko ini akan beroperasi selama 19 hari selama mudik dan balik Lebaran, mulai 14 April 2023 hingga satu pekan setelah Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

“Posko angkutan ini akan melayani pemudik pada mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” kata Nyono.

Bukan hanya membuka posko angkutan saja, lanjut dia, pihaknya juga akan menyediakan 652 bus yang tersebar di 18 terminal tipe A dan 28 terminal tipe B.

“Jumlah itu [652 bus] sudah termasuk AKDP dna AKAP,” kata dia.

Untuk jumlah penumpang busa, Nyono menyampaikan diprediksi terjadi peningkatan sebanyak 29 persen pada arus mudik Lebaran tahun ini. Pada tahun 2022, jumlah penumpang bus sebanyak 2,2 juta orang, sedangkan tahun ini meningkat menjadi 2,85 juta orang.

Lebih lanjut, selain bus juga ada 99 gerbong kereta api yang beroperasi selama musim lebaran Idul Fitri tahun ini. Ditambah 54 kapal dan 133 pesawat.

Selain armada itu, Nyono menyebut saat libur Lebaran nanti pihaknya akan mengaktifkan Bus Trans Jatim. Bahkan, ada rencana armada Bus Trans Jatim akan ditambah, terutama di kawasan Gresik.

“Nanti diresmikan Ibu Gubernur [Khofifah Indar Parawansa] tanggal 12 April. Jika ada penambahan, waktu tunggu bus ini akan dipersingkat. Sebelumnya 15 menit, menjadi 10 menit,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya