SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan (JIBI/Solopos/Dok)

Sebanyak 19 kecelakaan terjadi di Kota Madiun selama Operasi Ramadniya 2017.

Madiunpos.com, MADIUN — Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kota Madiun selama Operasi Ramadniya Semeru tahun 2017 meningkat tipis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun Kota AKP Purwanto Sigit Raharjo mengatakan selama Operasi Ramadniya Semeru 2017 tercatat ada 19 kecelakaan lalu lintas.

“Sedangkan pada periode yang sama di tahun 2016, terdapat 17 kejadian kecelakaan lalu lintas atau meningkat 11 persen,” ujar AKP Sigit Raharjo kepada wartawan di Madiun, Rabu (5/7/2017).

Menurut dia, kecelakaan yang terjadi masih didominasi oleh kendaraan roda dua. Sedangkan lokasi paling rawan terjadi kecelakaan terdapat di jalan raya Madiun-Solo masuk wilayah Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

“Untuk pelakunya, didominasi oleh pegawai swasta yang berusia produkstif di kisaran 30 hingga 40 tahun. Justru pelaku dari unsur pelajar malah menurun, yakni tercatat hanya dua orang,” kata dia.

Sedangkan untuk penyebab kecelakaan, ungkap Kasatlantas, kebanyakan karena kelalaian manusia. Yakni bermula dari melanggar peraturan lalu lintas hingga akhirnya terjadi kecelakaan.

Data mencatat, dari 19 kecelakaan tersebut, terdapat dua korban meninggal dunia, 21 orang luka ringan, dan kerugian material mencapai Rp7,1 juta.

Sedangkan tahun 2016, dari 17 kecelakaan, terdapat dua korban meninggal dunia, satu korban luka berat, 23 orang luka ringan, dan kerugian material mencapai Rp6,2 juta.

Dari 19 kecelakaan di masa angkutan Lebaran 2017, sebanyak 15 orang pelakuknya merupakan warga Kota Madiun dan sisanya warga luar Madiun.

Purwanto Sigit Raharjo berharap warga pengguna jalan di Kota Madiun untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada, sehingga ketertiban dalam berlalu lintas dapat terwujud dan kecelakaan dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya