SOLOPOS.COM - Petugas bersama nelayan korban selamat di salah satu rumah warga di pesisir Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung, Selasa (8/8/2023) dinihari. (ANTARA/HO - dapit)

Solopos.com, TULUNGAGUNG — Dua perahu pencari ikan milik nelayan Trenggalek mengalami pecah dan tenggelam setelah diterjang ombak tinggi di perairan Pantai Gladak, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Senin (7/8/2023) malam. Dalam peristiwa itu, empat nelayan selamat dan empat orang lainnya hilang.

Dikutip dari Antara, Koordinator Pos Basarnas Trenggalek, Yoni Fariza, mengatakan kejadian dua perahu nelayan itu tenggelam diterjang ombak pada Senin sekitar pukul 19.30 WIB. Empat nelayan yang selamat dalam kejadian itu telah diizinkan pulang ke rumah masing-masing.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sementara itu, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap empat nelayan yang dinyatakan hilang dalam peristiwa tersebut.

“Upaya pencarian sedang kami lakukan dengan menyisir area perairan sekitar lokasi kejadian serta kawasan pantai di dekatnya,” kata Yoni, Selasa (8/8/2023).

Dia menceritakan dua perahu atau kapal jenis pancing yang masing-masing dimuati empat ABK atau anak buah kapal termasuk nahkoda itu berangkat dari Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, Trenggalek, pada Senin sekitar pukul 16.00 WIB.

Kedua perahu nelayan jenis pancing diidentifikasi memiliki nama lambung Exsel dengan nahkoda Hendik alias Napo, membawa ABK tiga orang, serta kapal Wilwo dengan nahkoda Supar yang membawa tiga ABK. Mereka berangkat melaut mencari ikan dengan tujuan perairan Tulungagung.

Saat mereka berangkat melaut, kondisi cuaca cerah dan kedua rombongan bergerak ke arah timur menuju Perairan Gladak yang masuk wilayah Tanggunggunung, Tulungagung.

Kemudian sekitar pukul 19.30 WIB saat menyisir laut untuk mencari ikan di Parairan Gladak tiba-tiba muncul ombak besar. Kedua kapal nelayan yang posisinya berdekatan itu diterjang ombak sehingga kapal terbalik dan seluruh awak kedua kapal terjatuh dan tercebur ke laut.

Kedua kapal pun tenggelam. Empat ABK berhasil selamat sementara empat lainnya belum diketahui keberadaannya.

Berikut daftar nama ABK yang masih dalam pencarian maupun korban selamat versi Basarnas Pos SAR Trenggalek.
Korban hilang/dalam pencarian:
1. Hendi Napo, warga RT 019/RW 003, Dusun Gares,  Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, ABK Kapal Exsel

2. Kukuh, warga Dusun Gares, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, ABK Kapal Exsel

3. Supar, warga Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, ABK Kapal Wilwo

4. Mukono/Gimbal, warga Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, ABK Kapal Wilwo

Identitas ABK yang berhasil diselamatkan :
1. Rokim, warga Dusun Gares, RT 019/RW 003, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, ABK Kapal Eksel

2. Imam, warga Dusun Gares, RT 019/RW 003, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, ABK Kapal Eksel

3. Klenyem, warga Desa Margomulyo, ABK Kapal Wilwo

4. Wasis, warga  Desa Gemaharjo, ABK Kapal Wilwo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya