SOLOPOS.COM - Polres Trenggalek menetapkan 12 orang sebagai tersangka dalam kasus penyerangan mobil rombongan ziarah GP Ansor, Selasa (14/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, TRENGGALEK — Sebanyak 12 pesilat dari salah satu perguruan silat ditetapkan tersangka dalam kasus penyerangan mobil rombongan ziarah GP Ansor Tulungagung di Jalan Raya Ponorogo-Trenggalek, Desa Jambu, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Dua pesilat di antaranya merupakan otak dari penyerangan tersebut.

“Tersangka yang menyuruh melakukan atau menggerakkan ada dua orang yakni EK dan MBR. Sedangkan yang melakukan perusakan ada 10 orang, yakni FA, ASH, MYF, MFU, dan MSF. Sedangkan lima lainnya masih anak di bawah umur,” kata Wakapolres Trenggalek, Kompol Sunardi, Selasa (14/3/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sunardi menyampaikan peristiwa penyerangan itu terjadi pada Minggu (5/3/2023) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, rombongan peziarah GP Ansor Tulungagung menumpang empat unit minibus. Dari sejumlah kendaraan tersebut, dua minibus tersebut menjadi korban pelemparan.

Dari penyerangan itu, satu pengemudi mobil hingga tidak sadarkan diri karena terkena lemparan batu. Bahkan salah stau minibus oleng hingga terperosok masuk ke dalam sungai. Sedangkan satu minibus lainnya mengalami rusak berat akibat lemparan batu dan sejumlah penumpang mengalami luka-luka.

Dari pemeriksaan diketahui terduga para pelaku ini salah sasaran dan mengira rombongan peziarah itu adalah rombongan dari perguruan pencak silat lain yang baru saja mengikuti acara di Madiun.

“Tersangka tersebut dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang di muka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun,” kata dia yang dikutip dari jatim.polri.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya